RSS

5 Tempat Bersejarah di Indonesia


Nah, ini dia nih 5 tempat bersejarah di Indonesia
1. Gedung Indonesia Menggugat
Gedung bersejarah ini terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan No 5, Bandung. Gedung ini menjadi saksi sejarah perjalanan Bung Karno. Tempat ini mejadi saksi bisu pidato pledoi Bung Karno yang berjudul "Indonesia Menggugat".
2. Situs Penjara Banceuy
Di penjara ini, Bung Karno pernah mendekam selama delapan bulan atas tuduhan pemberontakan dan dijerat pasal-pasal karet haatzai artikelen. Di penjara yang berlokasi di Jalan Naripan ini, beliau dikurung di dalam sel nomor 5 yang hanya berukuran 2,5 x 1,5 meter.
3. Institut Teknologi Bandung
Bung Karno adalah presiden pertama Indonesia yang juga dikenal sebagai arsitek alumni dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang dulu dikenal dengan nama Technische Hoge School. Letaknya berada di Jalan Ganesha No 10, Bandung. Di sana beliau mengambil jurusan teknik sipil dan tamat pada tahun 1925.
4. Gedung Merdeka
Gedung bersejarah ini terletak di Jalan Asia Afrika, No 65. Bagi Anda yang sering datang ke Bandung, sudah pasti tahu letak gedung yang megah ini.
Awalnya, tempat ini bernama Gedung Societeit Concordia. Namun, nama tersebut diganti oleh Bung Karno menjadi Gedung Merdeka pada tahun 1955. Di gedung ini pula, beliau memimpin Konferensi Asia Afrika bersama para tokoh dunia Asia-Afrika saat itu.
 5. Grand Hotel Preanger
Awalnya, Grand Hotel Preanger ini berarsitektur gaya Hindia-Belanda. Namun, kemudian bangunan ini didesain ulang pada tahun 1929 oleh CP Wolff Schoemaker dan dibantu oleh muridnya, yaitu Ir Soekarno.
Setelah saat itu, gedung yang terletak di Jalan Asia Afrika No 81 ini menjadi lebih terkenal, baik di dalam maupun di luar negeri. Hotel ini menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia pada saat itu.
sumber :http://travel.detik.com/read/2012/04/27/140517/1903289/1025/menelusuri-jejak-bung-karno-ke-5-tempat-bersejarah-di-bandung

0 komentar:

Posting Komentar